Aku dan persaan ini

Kamis, 30 Juni 2011

Ada apa dengat perasaan ini, tak tenang sumpek tapi disisi lain sunyi dan sepi,

Sebuah kemalasan menguasai dan aku hanya tertidur tanpa memejamkan mata,

Sejenak berpikir buat apa aku ada disini, ingin pergi tapi mereka sudah percaya

Sekaligus terlanjur percaya lalu apa karyaku, bisa apa aku untuk membayar kepercayaan

Mereka,dosa dan dosa disini, malas dan malas disini, apa yang harus aku lakukan setelah ini,

Semangat datanglah… dan selimuti aku dengan kobaranmu,

Ketenangan mendekatlah…. Aku ingin kau masuk kedalam hatiku,

Hidayah turunlah… berikan penerangan untuk aku berjalan
,
Ya Rabb, ampuni kesalahan ku.. sungguh aku ingin bersimpuh pada-MU

Minum air putih pada saat perut kosong

Sabtu, 25 Juni 2011


Di Jepang sekarang ini sangat popular sekali trend minum air segera setelah Bangun pagi. Apalagi, test ilmiah telah membuktikan keampuhannya. Kami memberikan deskripsi penggunaan air kepada pembaca kami dibawah ini. Terapi air ini telah dibuktikan sukses oleh kumpulan pengobatan Jepang untuk penyakit lama dan serius dan juga penyakit moderen. Penyakit-penyakit tersebut adalah sebagai berikut:
Sakit kepala, sakit badan, system jantung, arthritis, detak jantung cepat, epilepsi, kelebihan berat badan, asma bronchitis, penyakit ginjal dan urin, muntah-muntah, asam lambung, diare, diabetes, susah buang air besar, semua penyakit mata, rahim, kanker, datang bulan lancar, dan penyakit telinga, hidung dan kerongkongan

METODE TERAPI

1. Setelah anda Bangun pagi sebelum mengosok gigi, minum 4 x 160cc gelas air
2. Gosok dan bersihkan mulut tetapi jangan makan ataupun minum apapun
selama 45 menit
3. Setelah 45 menit anda boleh makan dan minum seperti biasa
4. Setelah 15 menit sarapan, makan siang dan makan malam, jangan makan
ataupun minum apapun selama 2 jam
5. Untuk anda yang tua ataupun sakit dan tidak dapat minum 4 gelas air pada saat
mulai bisa digantikan dengan meminum sedikit air terlebih dahulu dan kemudian
ditingkatkan secara berkala hingga 4 gelas per hari.
6. Metode diatas adalah terapi untuk mengobati penyakit dari orang yang sakit dan
orang lain dapat menikmati hidup yang sehat.

Daftar berikut adalah jumlah hari yang dibutuhkan untuk terapi pengobatan/control/ mengurangi penyakit utama:
1. Tekanan darah tinggi (30 hari)
2. Asam lambung (10 hari)
3. Diabetes (30 hari)
4. Susah buang air besar/konstipasi (10 hari)
5. Kanker (180 hari)
6. Tuberculosis (90 hari)
7. Pasien arthritis disarankan untuk mengikuti terapi diatas ini hanya 3 hari pada
minggu pertama dan dari minggu kedua dan seterusnya – setiap hari

Metode pengobatan ini tidak mempunyai efek samping, tetapi pada saat pelaksanaan pengobatan ini anda mungkin akan buang air beberapa kali.

Adalah lebih baik jika kita melanjutkan terapi ini dan menjadikan prosedur ini sebagai rutinitas kerja dalam kehidupan kita. Minum air dan tetap sehat dan aktif.

Hal ini masuk akal…. Orang Cina dan Jepang minum the hangat pada saat makan mereka .. bukan air dingin. Mungkin sudah waktunya kita mengadopsi kebiasaan minum mereka sewaktu makan !!!

Untuk yang suka minum air dingin, artikel ini mungkin berguna untuk anda. Adalah enak untuk minum minuman dingin setelah makan. Bagaimanapun, air dingin akan memadatkan minyak yang anda konsumsi. Ia akan memperlambat pencernaan.

Sekali “kotoran” ini bereaksi dengan asam, ia akan dipecah dan diserap oleh intestine lebih cepat daripada makanan padat. Ia akan berbaris dalam usus besar. Dengan cepat, ini akan berubah menjadi lemak dan menjadi pemicu kanker. Adalah sangat bagus untuk minum sup hangat ataupun air hangat setelah makan.

Pesan yang serius untuk serangan jantung:
· Wanita seharusnya tahu jika tidak semua simptom serangan jantung adalah sakit pada
lengan kiri.
· Berhati-hatilah terhadap sakit yang sangat pada garis rahang
· Kamu mungkin tidak pernah merasakan sakit pertama pada dada selama serangan
jantung
· Pusing dan keringat berlebihan merupakan simptom pada umumnya.
· 60% dari orang mengalami serangan jantung ketika mereka sedang tidur tetapi tidak
bangun lagi.
· Sakit pada rahang dapat membangunkan anda dari tidur yang lelap. Mari berhati-hati
dan sadar. Makin banyak kita tahu, kesempatan bertahan hidup menjadi lebih besar

sumber : http://asisma.blogdetik..com/2008/07...g/?l991101blog

7 langkah Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Minggu, 19 Juni 2011

Berikut adalah cara cara menghilangkan jerawat secara alami

1. Yang sudah tidak asing lagi yaitu Lemon/Jeruk Nipis + Air Mawar.
Spoiler for Lemon/Jeruk Nipis:


Lemon, jeruk nipis dan buah-buah sebangsanya mengandung citric acid yang sangat kaya, dimana citric acid ini sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat. Caranya yaitu dengan mencampurkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang cukup luar biasa gunakan dan lihatlah apa yang terjadi(sudah banyak yang membuktikan, termasuk saya).

2. Putih Telur
Spoiler for Putih Telur:


Caranya yaitu, pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Pasta Gigi
Spoiler for Pasta Gigi:


Satu hal yang perlu diingat disini pasta gigi yang digunakan adalah yang bentuknya pasta(seperti Pepsodent) bukan yang bentuknya gel(seperti Close Up). Caranya hampir sama denga kedua cara di atas. Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan semalaman/sampai pagi kemudian bilas dengan air bersih.

4. Tomat
Spoiler for Tomat:


Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam(blackheads). Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas. dan makanlah untuk perawatan dari dalam *jangan yang bekas muka tadi y gan

5. Lidah Buaya
Spoiler for Lidah Buaya:


Perhatian jangan gunakan lidah yang asli dari mulut buaya, he,, Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Jika kalian cukup telaten, jerawat mungkin akan dapat mongering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Sekali lagi kuncinya hanya satu, telaten.!!

6. Bawang Putih
Spoiler for Bawang Putih:


Ada dua pilihan dalam menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Sedangkan cara kedua adalah dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari.
Banyak yang mengatakan kedua cara ini cukup efekktif, namun bagi kalian yang tidak menyukai bau bawang putih mungkin lebih baik menempuh cara yang lain y gan

7. Selalu Bersihkan Wajah
Spoiler for cuci muka:


Selalu rawat kebersihan wajah setiap hari dari kotoran dan debu dijalan. Untuk kita yang selalu aktif dan berurusan dengan debu dijalan, maka rajin-rajinlah membersihkan muka sebelum atau sesudah beraktifitas. Sebagai konsumsi dari dalam, maka perbanyaklah makan sayuran dan minum air putih. Buat yang gak suka sayur.!, maka buah yang mengandung air dapat menjadi alternatif dalam merawat wajah dari dalam. Karena kandungan yang terdapat dalam buah dan sayuran sangat diyakini bisa menjadikan wajah kita lebih bersih dan berseri.

Misi yang pernalh dilakukan NASA ke planet Mars

Mendarat di Mars merupakan misi yang sangat berat dan sulit. Hanya sedikit sekali kesalahan yang boleh dilakukan. Sejauh ini, lebih dari dua pertiga dari 36 misi yang diluncurkan ke planet itu mengalami kegagalan akibat komponen yang rusak, gangguan pada roket atau kesalahan lain yang menyebabkan pesawat menghantam permukaan planet itu atau lenyap sama-sekali. Berikut ini beberapa pendaratan terbaik dan terburuk yang pernah dilakukan di planet itu.


1. Misi Mars 3 diluncurkan tahun 1970 dan mendarat dengan mulus di Mars pada 2 Desember 1971. Namun baru 20 detik memulai pengambilan foto, tiba-tiba sinyal dari Mars 3 lenyap.



2. Prediksi yang salah mengenai kerapatan atmosfir planet Mars membuat parasut Beagle 2, yang diluncurkan tahun 2003, gagal terbuka dan terjadi benturan keras dengan permukaan Mars.


3. Mars Polar Lander yang diluncurkan NASA pada tahun 1999 jatuh di sekitar kutub selatan planet Mars.



4. Misi Viking 1 yang diluncurkan NASA pada 20 Juli 1976 menjadi misi pertama pendaratan ke Mars yang berhasil.



5. Melanjutkan keberhasilan Viking 1, NASA kembali meluncurkan Viking 2 pada 3 September 1976.



6. NASA memperingati hari kemerdekaan Amerika Serikat, 4 Juli 1997 dengan mengirimkan mobil penjelajah robotik ke Mars.

Pendidikan

Definisi pendidikan
Ki Hajar Dewantara
Pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.
John Dewey.
Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual, emosional ke arah alam dan sesama manusia
M.J. Longeveled
Pendidikan adalah usaha , pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak agar tertuju kepada kedewasaannya, atau lebih tepatnya membantu anaka agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri.
Dari beberapa definisi pendidikan di atas, pada dasarnya pengertian pendidikan yang dikemukakan memiliki kesamaan yaitu usaha sadar, terencana, sistematis, berlangsung terus-menerus, dan menuju kedewasaan
Definisi pelatihan
Pelatihan adalah proses melatih; kegiatan atau pekerjaan (KKBI edisi 2, Balai Pustaka, 1989)
Pelatihan adalah proses pendidikan jangka pendek yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisir, sehingga tenaga nonmanajerial mempelajari pengetahuan dan keterampilan teknis untuk tujuan tertentu.
Definisi pendidikan pelatihan
Pendidikan diartikan sebagai proses persiapan individu–individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau lebih tinggi didalam organisasi, biasanya berkaitan dengan peningkatan kemampuan intelektual atau emosional yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan yang lebih baik.

Pelatihan adalah serangkaian aktivitas yang diprogram untuk meningkatkan keahlian-keahlian, pengalaman, pengetahuan, atau pembahasan sikap individu. Di dalam pelatihan ini juga merupakan penciptaan suatu lingkungan dimana karyawan dapat memperoleh dan mempelajari sikap, kemampuan, keahlian, pengetahuan dan prilaku spesifik yang berkaitan dengan pekerjaan atau performasi kerja (A. Fikri Jshrir dan S. Hariyanto, 1999 ).

Model Pembelajaran Kooperatif


Bagi guru atau pembaca yang tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif, silahkan membaca lebih lanjut. Saya mencoba mendeskripsikan apa itu pembelajaran kooperatif dan contoh aplikasinya dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan standar isi dalam KTSP. Semoga bermanfaat.

Model Pembelajaran Kooperatif
Model pembelajaran kooperatif ditandai dengan adanya struktur tugas, struktur tujuan, dan struktur penghargaan (Arends, 1997: 110-111).

a. Struktur tugas mengacu pada cara pengaturan pembelajaran dan jenis kegiatan siswa dalam kelas

b. Struktur tujuan, yaitu sejumlah kebutuhan yang ingin dicapai oleh siswa dan guru pada akhir pembelajaran atau saat siswa menyelesaikan pekerjaannya. Ada tiga macam struktur tujuan, yaitu:

1) struktur tujuan individualistik, yaitu tujuan yang dicapai oleh seorang siswa secara individual tidak memiliki konsekuensi terhadap pencapaian tujuan siswa lainnya,

2) struktur tujuan kompetitif, yaitu seorang siswa dapat mencapai tujuan sedangkan siswa lain tidak mencapai tujuan tersebut, dan]

3) struktur tujuan kooperatif, yaitu siswa secara bersama-sama mencapai tujuan, setiap individu mempunyai andil dalam pencapaian tujuan.

c. Struktur penghargaan kooperatif, yaitu penghargaan yang diberikan pada kelompok jika keberhasilan kelompok sebagai akibat keberhasilan bersama anggota kelompok.


1. Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Eggen dan Kauchak (1993: 319) mendefinisikan pembelajaran kooperatif sebagai sekumpulan strategi mengajar yang digunakan guru agar siswa saling -membantu dalam mempelajari sesuatu. Oleh karena itu belajar kooperatif ini juga dinamakan “belajar teman sebaya.”
Menurut Slavin (1997), pembelajaran kooperatif, merupakan metode pembelajaran dengan siswa bekerja dalam kelompok yang memiliki kemampuan heterogen.

Pembelajaran kooperatif atau cooperative learning mengacu pada metode pengajaran, siswa bekerja bersama dalam kelompok kecil saling membantu dalam belajar (Nur dan Wikandari, 2000:25).
Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak¬tidaknya tiga tujuan penting pembelajaran, yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial (Ibrahim, dkk, 2000:7).

Pendapat setara menyebutkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat digunakan untuk mengajarkan materi yang agak kompleks, membantu mencapai tujuan pembelajaran yang berdimensi sosial, dan hubungan antara manusia. Belajar secara kooperatif dikembangkan berdasarkan teori belajar

kognitif konstruktivis dan teori belajar sosial (Kardi dan Nur, 2000:15).

2. Ciri-ciri Pembelajaran kooperatif

Menurut Arends (1997: 111), pembelajaran yang menggunakan model kooperatif memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1) siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menyelesaikan materi belajar,
2) kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah,
3) jika mungkin, anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin yang berbeda-beda,
4) penghargaan lebih berorientasi pada kelompok dari pada individu.
3. Langkah-langkah Pembelajaran kooperatif
Pembelajaran kooperatif dilaksanakan mengikuti tahapan-tahapan sebagai berikut (Ibrahim, M., dkk., 2000: 10)
a. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan perlengkapan pembelajaran.
b. Menyampaikan informasi.
c. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
d. Membantu siswa belajar dan bekerja dalam kelompok.
e. Evaluasi atau memberikan umpan balik.
f. Memberikan penghargaan.
4. Tujuan Pembelajaran Kooperatif
Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak¬tidaknya tiga tujuan pembelajaran yang disarikan dalam Ibrahim, dkk (2000:7 8) sebagai berikut:
a. Meskipun pembelajaran kooperatif meliputi berbagai macam tujuan sosial, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas tugas akademik. Beberapa ahli berpendapat bahwa model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep konsep yang sulit. Model struktur penghargaan kooperatif juga telah dapat meningkatkan penilaian siswa pada belajar akademik dan perubahan norma yang berhubungan dengan hasil belajar.

b. Penerimaan yang luas terhadap orang yang berbeda menurut ras, budaya, kelas sosial, kemampuan, maupun ketidakmampuan. Pembelajaran kooperatif memberikan peluang kepada siswa yang berbeda latarbelakang dan kondisi untuk bekerja saling bergantung satu sama lain atas tugas¬-tugas bersama, dan melalui penggunaan struktur penghargaan kooperatif, belajar untuk menghargai satu sama lain.

c. Tujuan penting ketiga dari pembelajaran kooperatif adalah mengajarkan kepada siswa keterampilan kerjasama dan kolaborasi. Keterampilan ini penting karena banyak anak muda dan orang dewasa masih kurang dalam keterampilan sosial.
5. Keterampilan Kooperatif
Pembelajaran kooperatif bukan hanya mempelajari materi saja, tetapi siswa atau peserta didik juga harus mempelajari keterampilan keterampilan khusus yang disebut keterampilan kooperatif. Fungsi keterampilan kooperatif adalah untuk melancarkan hubungan kerja dan tugas. Untuk membuat keterampilan kooperatif dapat bekerja, guru harus mengajarkan keterampilan--keterampilan kelompok dan sosial yang dibutuhkan. Keterampilan keterampilan itu menurut Ibrahim, dkk. (2000:47 55), antara lain:
a. Keterampilan keterampilan Sosial
Keterampilan sosial melibatkan perilaku yang menjadikan hubungan sosial berhasil dan memungkinkan seseorang bekerja secara efektif dengan orang lain.
b. Keterampilan Berbagi
Banyak siswa mengalami kesulitan berbagi waktu dan bahan. Komplikasi ini dapat mendatangkan masalah pengelolaan yang serius selama pelajaran pembelajaran kooperatif. Siswa siswa yang mendominasi sering dilakukan secara sadar dan tidak memahami akibat perilaku mereka terhadap siswa lain atau terhadap kelompok mereka.

c. Keterampilan Berperan Serta
Sementara ada sejumlah siswa mendominasi kegiatan kelompok, siswa lain tidak mau atau tidak dapat berperan serta. Terkadang siswa yang menghindari kerja kelompok karena malu. Siswa yang tersisih adalah jenis lain siswa yang mengalami kesulitan berperan serta dalam kegiatan kelompok.

d. Keterampilan keterampilan Komunikasi
Kelompok pembelajaran kooperatif tidak dapat berfungsi secara efektif apabila kerja kelompok itu ditandai dengan miskomunikasi. Empat keterampilan komunikasi, mengulang dengan kalimat sendiri, memberikan perilaku, memberikan perasaan, dan mengecek kesan adalah penting dan seharusnya diajarkan kepada siswa untuk memudahkan komunikasi di dalam seting kelompok.

e. Keterampilan keterampilan Kelompok
Kebanyakan orang telah mengalami bekerja dalam kelompok di mana anggota anggota secara individu merupakan orang yang baik dan memiliki keterampilan sosial. Sebelum siswa dapat belajar secara efektif di dalam kelompok pembelajaran kooperatif, mereka harus belajar tentang memahami satu sama lain dan satu sama lain menghormati perbedaan mereka.
6. Pembangunan Tim
Membantu membangun identitas tim dan kesetiakawanan anggota merupakan tugas penting bagi guru yang menggunakan kelompok¬-kelompok pembelajaran kooperatif. Tugas tugas sederhana meliputi memastikan setiap orang saling mengetahui nama teman di dalam kelompoknya dan meminta para anggota menentukan nama tim.

contoh naskah untuk media audio



Judul : belajar membatik
Format : feature
Jenis program : pendidikan



Music : ( lagu tradisional jawa)
Andi : enaknya kemana ya/kita sekarang?/bosan di rumah terus//
Dewi : oh iya!/ hampir lupa!/katanyta hari ini di balai kota ada acara belajar membatik program dari mentri kebudayaan itu loh//
Andi : oh ya?/ mari kita kesana//
Dewi : siap/ tapi naik motor kamu ya?//
Andi : oke! Siap//
Efek : (suara motor)
Music : (lagu tradisional jawa)
Efek : (suara keramaian)
Andi : wah/ ramai sekali ya wi disini?//
Dewi : iya / ternyata masyarakat antusias menyambut acara ini//
Andi : wi/ ayo kita ikut belajar membatik//
Dewi : yuk//
Dewi : Andi/ liat mbak cantik itu/namanya mbak santi/mari kita kesana sambil Tanya dan belajar membtik bersama beliau//
Efek : (Suara telapak kaki)
Dewi : Assalamualaikum mbak santi//
Mbak santi : wa’alaikum salam adik-adik//
Dewi : Kenalkan nama saya Dewi dan ini teman saya Andi//
Andi : Salam kenal mbak santi//
Mbak santi : wah/ salam kenal juga/ mbak senang bisa kenalan dengan adik-adik//
Dewi : mbak santi sedang apa disini?//
Mbak santi : Sedang Mengajar peserta menulis batik/mari Andi dan Dewi ikutan belajar//
Dewi : oh/ asik mari//
Andi : mbak santi/ sulit tidak belajar membatik itu?/ dan apakah ada teknik tertentu untuk menulis batik?//
Mbak santi : sebenarnya mudah kalo kita rajin dan tekun belajarnya/ dan tentunya kita harus punya keteramplan/ adapun tekniknya seperti ini/Awalnya, buat pola di atas kain yang akan dijadikan sebagai lukisan// Pola dibuat dengan menggunakan pensil// Setelah itu/ goresan lukisan pun dibuat dengan menggunakan lilin batik yang dinamakan malam/ Sedangkan alat yang digunakan untuk menuangkan malam ke atas kain dapat menggunakan canting// Sesuaikan lebar lobang ujung canting sesuai yang dibutuhkan//Setelah itu akan dilakukan tahap pewarnaan dengan menggunakan bahan-bahan kimia untuk menentukan warna yang dikehendaki// Dalam pewarnaan ini dilakukan beberapa tahap dan harus dilakukan secara hati-hati dan teliti agar menghasilkan karya yang bagus dengan warna yang optimal// Kain yang telah melalui proses pewarnaan kemudian dijemur dan dikeringkan di bawah terik matahari//Kalau hasil pewarnaan belum optimal/ dapat dilakukan pewarnaan ulang dan kemudian dijemur atau dkeringkan lagi//Selanjutnya dilakukan tahap akhir melukis batik dengan merontokkan sisa lilin batik yang masih menempel dengan cara dimasak atau direbus. Setelah itu media kain dikeringkan lagi untuk terakhir kalinya/ begitu tekniknya andi//
Andi : kelihatanya asik ya mbak?//
Mbak santi :hahaha/ ia donk//
Dewi : biasanya alat dan bahan yang diperlukan dalam membatik itu apa saja mbak?//
Santi : ini dia alat dan bahan yang ajib disiapkan oleh pembatik/ yang pertama Kain mori /bisa terbuat dari sutra atau katun/kemudian Canting sebagai alat pembentuk motif/terus Gawangan tempat untuk menyampirkan kain/ Lilin atau malam yang dicairkan/Panci dan kompor kecil untuk memanaskan dan yang terakhir/Larutan pewarna//
Dewi : oh//
Andi : untuk perawatanya sendiri bagaimana mbak?//
Mbak santi : yang harus dilakukan yaitu Jangan menyikat atau menggosok saat mencuci/ Jangan menggunakan mesin cuci/ Proses penyetrikaan yang benar/dan kain batik jangan di simpan di tempat yang lembab//
Andi : oh/ begitu/ limayan rumit juga ya mbak?//
Mbak santi : (TERTAWA)
Dewi :Oh ya mbak/ ada berapa jenis batik itu mbak?//
Mbak santi : ada lima/ yang pertama batik tulis/kedua batik cap yang pembuatanya menggunakan setempel/ketiga batik sablon/yang keempat batik painting jenis ini tanpa menggunakan pola melainkan langsung warna/ dan yang terakhir batik printing yang penggambaranya melalui computer atau mesin//
Dewi : lumayan banyak juaga ya jenisnya/
Andi :batik yang terkenal biasanya dari daerah mana mbak?//
Mbak santi : banyak daerah penghasil baik di negeri ini tapi yang terkenal biasanya dari daerah pekalongan/solo/ Yogyakarta dan Cirebon//
Andi : wah kaya sekali negeri ini//
Dewi : Ga kerasa kita ngobrol-ngobrol sudah lama ya ndi?//
Andi : iya/ ternyata sudah sore//
Dewi : mbak santi kami ijin pulang dulu/ sudah sore/ terimakasih atas informasi yang mbak beri kepada kami//
Andi : iya/ berkat mbak santi kami bisa membuat batik sendiri/ serta member ilmu tentang cara membatik//
Mbak santi : iya sama-sama adik-adik/ tapi tunggu dulu mbak punya oleh-oleh buat kalian/ ini dia baju batik motif mega mendung khas Cirebon//
Andi : wah asik/ bagus sekali/terima kasih mbak santi//
Dewi : wah indahnya/ terima kasih mbak santi//
Mbak santi : ia sama-sama//
Dewi : senang bisa bertemu dan ngobrol sama mbak santi.//
Mbak santi : iy mbak juga senang//
Andi : kami pamit dulu mbak santi.//
Mbak santi : iya hati-hati di jalan//
Andi dan dewi : iya /assalamualaikum//
Mbak santi : waalaikum salam//
Efek : (suara motor)
Music : (lagu tradisional jawa)