CERPEN

Jumat, 22 April 2011

Selogan kampanye RW

Di suatu desa sebut saja desa celancang sedang rame, banyak orang keluar dari rumahnya hanya untuk ngobrol berbincang karena ada pemilihan RW. Warga penasaran siapa saja kandidat yang akan mengajukan dirinya untuk mencalonkan diri jadi ketua RW.

Di sebuah rumah sederhana dengan dihiasi bunga-bunga dilantainya yang menebarkan bau wangi tak sedap kemana-mana. Hidup seorang bapak dengan anak-anakya, pak kadisi namanya duda keren itu memiliki 2 anak dan untungnya saya hapal nama-nama anaknya:
Anak pertama abdul sukur dan anak kedua ahmad sueb. Yang akur ya eb….

Mereka Sedang bebincang- bincang karena pak kadisi salah satu kandidat yang akan mencalonkan diri menjadi ketua RW. Dalam obrolanya dengan anak-anaknya’

Pak kadisi :”eb..? kur..? gimana kalo bapak nyalonin jd RW.. lumayan tuh buat pangkat biar seenggaknya bapak kmu ini punya jabatan.”

Sueb :”wah… bagus dong pak! (muka berseri-seri pengen jitak)
Pak kadisi:” coba bapak pengen tau alesannya kenapa km bilang bagus..”

Sueb :” mm.. soalnya saya bosen pak di panggil anaknya tukang ayam, kalo bapak jadi RW kan ntar orang-orang manggil saya anaknya pak RW.. hehe gagahnya”

Pak kadisi : “ bagus.. alas an km kaya mahasiswa eb.. bagus… kalo kamu kur gimana?”
Sukur : “gimana ya pak? Mm.. sueb aj setuju gimana saya… setuju atuh pak..”

Pak kadisi:” Alhamdulillah.. bapak udah dapet restu dari kalian.. yadah sekarang bapak pengen Tanya.. biasanya kalo calon itu punya selogan kan?? Kayak kampanye gtu?”

Sukur: “ ia dong.. bapak juga tentunya punya to??”
Pak kadisi: “ aduh.. bapak bingung euy.. enaknya apa ya?? Eb kamu puny aide ga… apa?”

Sueb: “ mmm.. apa ya pak ?, oh ya sini pak saya bisikin..” (sambil berbisik bertiga.)

Bapak kadisi: “ wah.. tumben otak kamu jalan eb..”

Sukur : “wah hebat km eb…. Kakak bangga Cuma saat inio punya ade kayak kmu eb..”

Sueb:” aduh.. jadi malu ni.. lagian bapak ada-ada saja otak ko bisa jalan kaya punya kaki aj?”

Bapak kadisi:” ia eb.. daripada encer ntar kaya oli samping dong eb”

Dari perbincangan anak dan bapak akhirnya pak kadisi dapat restu dari anak-anaknya untuk mencalonkan jadi pak rw, dengan dua calon sainganya.
Hari kampanye pun tiba. Di sebuah panggung organ sederhana para calobn akan memperdengarkan selogan kampanye masing-masing .

Pembawa acara : “ assalamualaikum wr.wb. selamat pagi warga celancang sekalian. Setelah lama kita tunggu-tunggu siapa saja orang yang akan mencalonkan diri sebagai rw kampong tercinta ini, akhirnya kita dapatkan juga ketiga calonya.. siapa mereka?? Inilah dia..

Keiga calon pun berdiri di atas panggung dengan gaya berbeda-beda.

Pembawa acara: “nomor urut satu bapak kosim, nomor urut dua bapak usmin dan yang terakhir nomor urut tiga bapak kadisi”

Bapak kosim seorang mantan kepala sekolah yang dipecat gara suka sama guru bp. setelah ketahuan tentang berita sukanya sama bu indri, Pak kosim pun malu dan ngambek ga mau jd kepala sekolah lg,katanya jabatan kepala keluarga sudah cukup.

Bapak usmin seorang tukang bangunan, karena sudah berumur 80 tahun jadi sudah tidak kuat lagi untuk kerja jadi tukang bangunan.orang tua yang punya banyak variasi penyakit ini sudah divonis oleh dokter bahwa umurnya tinggal 1 minggu lagi, tetapi dia mempunyai impian yang belum kecapai sampai sekarang yaitu jadi pak rw.

Bapak kadisi. Terlahir dari keluarga sederhana mempunyai 2 orang anak yang bernama sukur dan sueb, anaknya sukur lumayan pinter sedangkan adiknya sueb lumayan bego. Berprofesi sebagai tukang ayam. Tapi sekarang sudah tidak lagi sehubungan banyak isu miring tentang flu burung .dan jika terkena flu burung ayam yang dijualnya akan terkena penyakit mlarat sepanjang hayat.

Pembawa acara: “ baiklah langsung saja untuk supaya calon lbih dekat dengan warganya mari kita dengarkan selogan dari masing-masing calaon, untuk yang pertama dari calon no urut 1 bapak… kosiim….

Bapak kosim :” hidup saya! Hidup saya! Semoga hidup saya panjang umur! Hidup saya!.”
Wargapun bertepuk tangan dengan meriah..

Pembawa acara:” terimakasih kpd bapak kosim… biar ga jelas yang penting saya hidup!! Ups! Salah maksudnya hidup saya!.. dilanjutkan untuk calon nomor dua, bapak usmin!! Silahkan bapak.. saya persilahkan.”

Bapak usmin:” iy ada ap?”

Pembawa acara : “ pak langsung aja selogan kampanye bapak ap?”

Bapak usmin: “oh, selogan saya seperti ini impian saya pengen jadi rw. Pokoknya saya harus jadi rw. Kalo ga’ ya ga’ papa tp saya harap saya jsdi rw.. itu impian saya, semoga saya jadi rw sekrang ,kenapa? Jangan Tanya kenapa.. karena jadi rw adalah impian saya hidup saya tinggal satu minggu lagi dan itu semua berkat dokter yang meriksa padahal dokter itu saya yakin bukan malaikat,tetapi sok tau,dia Hanya manusia berjubah puitih semoga saya berhasil mengalahkan saingan dan penyakit saya seperti stroke.ginjal jantung.kosim juga kadisi.blablablabla”

Pembawa acara: “ udah pak.. bapak ngomong hampir 1 jam tp muter2 kesitu aja…”

Pak usmin:” pokoknya saya kudu jadi.. harus dan wajib blab la bla….

Pembawa acara: “ warga yang terhormat. Mohon maaf. Slogan pak usmin saya potong.. saya bingung, ini selogan apa ceramah, ko kaya kereta ekonomi panjang padat lambat pula. lanjut saja mari kita dengarkan selogan calon terakhir kita bapak kadisi!., kepada beliau kami persilahkan.”

Pak kadisi :” mmm…”

Pembawa acara:” iya pak…?”

Pak kadisi:” eee… jadi sukur ga jadi sueb!!”


Pembawa acara:” @$%*^()&(%^@$@%^”

0 komentar:

Posting Komentar